Makna Pohon Bagi Kehidupan

Pohon adalah jenis mahluk hidup yang sangat penting bagi kehidupan manusia juga mahluk-mahluk yang lainnya. Di sebut mahluk hidup karena pohon tumbuh dan berkembang. Pertumbuhan pohon dimulai dari biji sampai tumbuh tunas kemudian menjadi besar, berbunga, berbuah dan akhirnya tumbuh pohon baru.
Hutan yang sangat lebat tidak akan berarti apa-apa tanpa adanya pohon dengan berbagai jenis dan kelompoknya. Pohon atau juga pokok ialah tumbuhan yang berkayu, dan terbagi menjadi dua kelompok tumbuhan : Pertama kelompok pohon berakar tunjang (dikotil) terdiri dari batang pohon merupakan batang utama yang tumbuh tegak tajuk pohon, akar, dan akar tunjang berfungsi untuk memperkokoh berdirinya pohon. Batang pohon merupakan bagian utama pohon, dan menjadi penghubung utama dengan bagian akar sebagai penyerap air, dan mineral. Cabang adalah juga batang, tetapi berukuran lebih kecil dari berfungsi memperluas ruang bagi pertumbuhan daun sehingga mendapat lebih banyak cahaya matahari dan juga menekan tumbuhan pesaing di sekitarnya.
Batang dibalut dengan kulit yang melindungi batang dari kerusakan, dan cabang yang lebih kecil ialah ranting, dan daun untuk ber fotosintesis. Kedua kelompok pohon berakar serabut (monokotil) terdiri dari pohon, akar, pelepah, dan daun, pohon berakar serabut tidak bercabang contoh pohon kelapa.
Kehadiran pohon-pohon di hutan ini membuat banyak hewan-hewan lainnya berdatangan. Pohon dan hewan adalah bentuk hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain. Di sebuah hutan yang hewan-hewannya masih terjaga dengan baik secara tidak langsung akan menjaga luasan hutan itu sendiri. Sebaran biji-biji dari buah yang dimakan oleh hewan bisa membuat luas hutan semakin bertambah setiap tahunnya. Misalnya seekor monyet memakan buah jambu maka biji jambu yang tertelan oleh monyet tersebut akan keluar bersamaan dengan kotorannya. Biji yang tertinggal di kotoran monyet akan tumbuh seiring waktu.
Kita lihat juga hubungan yang saling menguntungkan ini misalnya pada tanaman kopi dengan luwak. Luwak yang memakan buah kopi kemudian akan membuang kotorannya di tempat lainnya. Setelah itu tumbuh kopi baru di tempat yang lain tanpa ada proses intervensi manusia. Melihat dua contoh tadi, suksesi alami yang terjadi di hutan bisa terjadi tanpa bantuan manusia dengan catatan laju pembukaan hutan untuk pertanian atau kebutuhan industri bisa dikurangi.
Fungsi Pohon Menurut Ir Sobirin, dewan Pakar DPKLTS (Dewan Pemerhati Kehutanan dan lingkungan Tatar Sunda), Pohon adalah makhluk hidup yang tidak bisa berjalan tetapi memberikan peran yang signifikan bagi mahluk yang berjalan, beberapa fungsi pohon di atas tanah diantaranya adalah: Menghasilkan oksigen 1,2 kg/pohon/hari Membuat teduh/ sejuk, Menyerap panas 8x lebih banyak Menjaga kelembaban, Menguapkan ¾ air hujan ke atmosfir Menyerap debu Mengundang burung Membuat keindahan Sementara itu fungsi pohon di bawah tanah diantaranya adalah: Menyerapkan air ke tanah Mengikat butir-butir tanah Mengikat air di pori tanah dengan kapilaritas dan tegakan permukaan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Pohon Bagi Kehidupan"

Posting Komentar