Pelatihan Memasang Baja Ringan

Pelatihan Memasang Baja Ringan

Pagi-pagi di Desa Sudalarang, Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut terasa sangat sejuk. Sudah hampir seminggu tidak turun hujan. Beberapa orang sudah berkumpul di depan Balai Desa. 

Antusiasme muncul pagi itu, mereka akan belajar bersama-sama  memasang rangka atap baja ringan. Saya dan Nurcahya datang terlambat hampir satu jam. Keterlambatan yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Keterlambatan yang membuat saya memohon maaf kepada Lilis Widaningsih, dosen Arsitektur UPI yang tampak gelisah karena peserta sudah berdatangan sejak pagi.

Tidak menunggu lama, acara dimulai dengan pembukaan dan sambutan dari Desa Sudalarang. Eka, pejabat desa mewakili Kepala Desa yang berhalangan hadir. Eka menyampaikan pesan-pesan kepada peserta agar belajar dengan baik selama pelatihan.
Pelatihan Memasang Rangka Atap Baja Ringan (iden.web.id)

Sampai pada acara utama, saya menjadi pembuka wacana tentang rangka atap baja ringan. Selepas itu dilanjutkan oleh Nurcahya sampai menjelang istirahat siang. Nurcahya menyampaikan detail-detail materi yang lengkap. Tentang material baja ringan, cara memilih, dan cara memasang.

Sesudah istirahat, praktik pemasangan dilakukan. Dibantu dua mentor dari ENKA Group, mereka mengarahkan peserta mulai dari cara membaca gambar, memotong material, menyambung, dan merangkai menjadi struktur rangka atap baja ringan yang kuat.

Kegiatan di Desa Sudalarang ini dihadiri juga oleh Sekretaris Jurusan Arsitektur, Nuryanto. Dalam sambutan akhir, Nuryanto menyampaikan "Semoga pengalaman selama mengikuti pelatihan singkat ini bisa berguna untuk warga saat membangun rangka atap dimanapun proyeknya. 

Hadir pula mahasiswa dari KMA Kridaya yang mengorganisir kegiatan. Nah, Pengabdian Kepada Masyarakat ini rutin dilakukan bekerjasama dengan Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur, Universitas Pendidikan Indonesia.

Ini rangkaian kegiatan memasang rangka atap baja ringan.
    Membaca gambar kemudian memotong sesuai ukuran

    Merangkai material baja ringan menjadi kuda-kuda

    Mendirikan kuda-kuda baja ringan

   Mengikat satu sama lain kuda-kuda agar kuat

   Mengikat kuda-kuda

   Memasang reng


Tahap evaluasi akhir





Related Posts:

0 Response to "Pelatihan Memasang Baja Ringan"

Posting Komentar