Pentingnya Waktu Istirahat Bagi Anak-Anak

"During [these] periods of relaxation after concentrated intellectual activity, the intuitive mind seems to take over and can produce the sudden clarifying insights which give so much joy and delight." - Fritjof Capra

Di sekolah tempat saya bergiat, mendidik bukan sekadar urusan memasukkan materi akademis kepada anak-anak. Namun lebih dari itu, memberi kesempatan kepada anak untuk bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Istirahat adalah waktunya mengendapkan segala hal yang sudah diterima atau masuk ke dalam diri. Istirahat juga saatnya melepaskan ketegangan dari fokus berpikir.

Pentingnya waktu istirahat (dok. Iden)

Keseimbangan antara satu kegiatan ke kegiatan lainnya sangat diperhatikan dengan seksama. Keseimbangan yang didasarkan pada ritme yang baik antara menarik dan melepaskan, antara berpikir keras dengan rekreatif, antara diam dan bergerak, antara duduk diam dan bergerak meregangkan. Keseimbangan ini menjadi penting karena akan berkaitan dengan kesehatan anak-anak (dan juga guru). Kesehatan adalah salah satu tujuan utama kegiatan di kelas. Anak yang sehat mampu belajar dengan baik, berkontribusi pada kehidupan sosialnya, dan mengeluarkan potensi terbaiknya selama bergiat.

Dr. Melinda Bossenmeyer seorang pendiri peaceful playground, inc pernah menuliskan beberapa manfaat dari istirahat dalam artikel yang berjudul 10 Reasons Recess is so Important”. Di antaranya adalah manfaat kognitif, manfaat sosial dan emosional, dan manfaat fisik. Begitu besarnya manfaat dari istirahat ini, rasanya tidak salah jika di sekolah selalu diberikan porsi yang pas untuk anak-anak agar istirahat dengan baik. Untuk urusan kesehatan lainnya, istirahat di rumah dari aktivitas yang banyak menjadi perhatian bagi guru ketika melihat anak yang kesulitan dalam mengikuti kegiatan di sekolah. Misalnya anak yang terlalu banyak kegiatan ekstrakulikuler dan minim waktu istirahat menjadi loyo saat di kelas. Anak yang terganggu waktu tidurnya, dan hal lain yang membuat waktu istirahat anak menjadi terganggu.

Beberapa hal penting seputar istirahat ini saya simpan dalam catatan ini untuk melengkapi betapa istirahat adalah hal yang sama penting dan dibutuhkan oleh anak-anak untuk kesehatannya. Manfaat istirahat tersebut antara lain:

1) Istirahat penting karena berfungsi sebagai istirahat yang diperlukan dari kerasnya konsentrasi, tantangan akademik di kelas. Ini juga menawarkan manfaat kognitif, sosial, emosional, dan fisik yang mungkin tidak sepenuhnya diapresiasi ketika diambil keputusan untuk menguranginya.

Manfaat Kognitif

2) Beberapa penelitian menunjukkan bahwa istirahat, baik dilakukan di dalam maupun di luar ruangan, membuat anak lebih perhatian dan lebih produktif di dalam kelas

3) Istirahat pagi di luar ruangan berkontribusi pada pemrosesan kognitif yang optimal dan istirahat dari instruksi akademik ketika diselingi antara blok instruksi akademik yang dibutuhkan oleh instruksi terkonsentrasi.

Manfaat Sosial dan Emosional

4) Anak memperoleh kesempatan untuk melatih keterampilan sosial dan bermain peran dengan teman sebayanya.

5) Melalui bermain saat istirahat, anak belajar keterampilan komunikasi yang berharga, termasuk negosiasi, kerja sama, berbagi, pemecahan masalah, dan keterampilan mengatasi, seperti ketekunan dan pengendalian diri.

6) Istirahat penting karena juga memberi anak sarana yang diperlukan dan terstruktur secara sosial untuk mengelola stres dengan beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah yang kompleks.

7) Istirahat memberikan waktu kepada siswa untuk beristirahat, bermain, berimajinasi, berpikir, bergerak, dan bersosialisasi. Itu dapat mendorong kreativitas dan pemecahan masalah.

Manfaat Fisik

8) Manfaat aktivitas fisik dan kebugaran yang tersedia pada waktu bermain berkontribusi pada kesehatan dan kesejahteraan anak secara keseluruhan.

9) Istirahat berkontribusi pada aktivitas fisik 60 menit per hari yang direkomendasikan untuk anak-anak, yang membantu mengurangi perilaku menetap dengan TV, komputer, dan video game.

10) American Academy of Pediatrics percaya bahwa "istirahat adalah komponen penting dan perlu dari perkembangan anak dan, dengan demikian, tidak boleh ditahan karena alasan hukuman atau akademis."

Sebuah studi tahun 2009 dari sekelompok peneliti di Albert Einstein College of Medicine di New York menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu istirahat minimal atau tidak sama sekali, anak-anak sekolah dasar yang memiliki waktu luang di siang hari menerima peringkat lebih tinggi dari guru di kelas mereka. (seperti pernyataan kebijakan yang disebutkan diterbitkan dalam jurnal Pediatrics).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Waktu Istirahat Bagi Anak-Anak"

Posting Komentar