Penelusuran Gua Yang Menarik

The cave you fear to enter holds the treasure you seek.” Joseph Campbell

Selepas kisah para pelajar di Thailand yang terjebak dalam gua beberapa bulan yang lalu, keinginan menelusuri gua meningkat.

Alih-alih menghindari, yang ada malah rasa penasaran yang tinggi untuk memasuki lebih dalam lagi dan lagi. Beberapa gua pernah saya datangi tapi masih dalam tahap yang sangat aman. Tidak perlu teknik-teknik khusus untuk menelusuri yang penting ada keberanian.

Jangan sebut gua hasil galian penambangan seperti di Papua yakni Tambang Freeport. Itu mah semua fasilitas tersedia. Walaupun alat-alat keselamatan dan keamanan tetap harus dipakai. Semacam lampu headlamp, helm, dan peralatan alat bantu nafas jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Demikian juga jangan sebut gua penambangan emas tradisional di daerah Garut Selatan. Alat sederhana yang sangat tidak aman tapi cukup buat menahan diri agar tidak kehabisan nafas. Perihal adrenalin yang mengalir deras, itu beda lagi. Baru sadar setelah usai melakukan perjalanan ke kedalaman gua penambangan emas tradisional.

Beberapa hari yang lalu di bulan Maret 2019 ini anggota Gandawesi melakukan penelusuran gua di daerah Pangandaran. Mereka lakukan perencanaan dengan baik. Mempersiapkan peralatan sebaik-baik demi sebuah tujuan ekspedisi atau perjalanan yang utama yakni pulang.

Iya pulang adalah tujuan mulia. Sebagus-bagusnya, sejauh-jauhnya perjalanan jika tidak membuat seseorang bisa pulang tetap saja menjadi perhatian semua pihak.

Nah mereka berhasil melakukan penelusuran gua dengan baik. Melakukan observasi desa dengan lancar dan tertib kemudian pulang bersama-sama.

Inilah beberapa dokumentasi perjalanan penelusuran gua yang dilakukan oleh anggota Gandawesi.

Penelusuran Gua oleh Hima Chandra

Penelusuran Gua

Penelusuran Gua

Penelusuran gua

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penelusuran Gua Yang Menarik"

Posting Komentar