5 Tempat Wisata Dekat Bandung Ini Menarik Dikunjungi

"Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis. Lebih jauh dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi" - Pidi Baiq

Bandung, siapa yang tak kenal kota ini. Sebuah kota yang bagiku bukan cuma masalah geografis. Lebih jauh dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi. Kota yang terus bergerak menata dirinya dengan baik. Bandung juga menjadi tujuan wisata buat mengisi liburan atau saat akhir pekan. Untuk bisa menjangkau kota Bandung ini, dari Jakarta cukup menggunakan jalan tol saja. Tentu dengan penggunaan jalan tol akan sangat mudah mengakses kota yang berada di daerah pegunungan ini. Bisa juga dengan kereta api yang semakin nyaman. Selain kereta api, ada juga jenis kendaraan umum lainnya seperti jasa travel yang menyediakan transportasi langsung dari Jakarta ke Bandung juga sebaliknya.

Selain aksesnya yang mudah, Bandung juga mempunyai banyak tempat wisata menarik dan ramai dikunjungi wisatawan yang berdomisili di sekitar Bandung. Nah Inilah beberapa destinasi wisata di dekat Bandung yang menarik untuk dikunjungi.

1. Sanghyang Heuleut

JIka diartikan dari namanya, Sanghyang sendiri berarti tempat yang suci sedangkan untuk Heuleut artinya diantara dua waktu. Sanghyang Heuleut merupakan tempat yang pada awalnya tidak terjamah oleh manusia bahkan dianggap keramat karena tertutup oleh banyaknya bebatuan yang menjulang tinggi. Tetapi, pada kenyataannya saat ini Wisatawan baik domestik maupun dari luar kota Bandung banyak yang berdatangan merasakan sensasi Sanghyang Heuleut.

Sanghyang Heuleut

2. Palintang

Palintang sebenarnya adalah nama sebuah kampung di Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Bandung Timur. Kampung yang terletak sekitar 8 km di utara Ujungberung ini adalah tempat favorit bagi para penyuka sepeda gunung uphill dan offroad. Memang dikalangan pencinta olahraga sepeda off road dan uphil trek yang satu ini sudah terkenal. Sepanjang Trek Palintang akan dikelilingi daerah perbukitan, dan pemandangan cantik yang merupakan ciri khas Bandung. Sedangkan akses jalan menuju ke Palintang yang paling mudah dari alun-alun Ujungberung via Kampung Tanjakan Panjang – Palalangon. Kondisi jalan pedesaan yang setengah rusak dan terus menanjak bahkan kadang menukik menjadi kenikmatan tersendiri pagi penggemar MTB uphill.

Palintang

3. Gua Pawon

“Pawon” dalam bahasa Jawa artinya adalah dapur, namun di Bandung Pawon ini adalah nama destinasi wisata lho. Iya, di Bandung ada destinasi berupa Gua yang dikenal dengan nama Pawon. Meski belum begitu terkenal, Gua Pawon yang terletak di Desa Masigit ini pernah menggemparkan. Karena didalamnya ditemukan lebih dari 20.000 buah tulang manusia. Diperkirakan tulang belulang tadi adalah milik manusia purba, pendahulu suku sunda. Buat yang nggak percaya mungkin bisa menengok langsung Gua bersejarah ini.

Gua Pawon

4. Stone Garden

Stone Garden ini sebenarnya adalah situs purbakala. Kalau diperhatikan dengan jelas dan seksama, batu – batuan yang ada di tempat ini terlihat mirip sekali dengan batu karang di dasar lautan. Bahkan ketika berkeliling di tempat ini, jika teman – teman traveler beruntung, kalian akan menemukan batuan unik seperti kerang laut, atau bahkan fosil tumbuhan laut. Mungking dahulu, jutaan tahun yang lalu tempat ini adalah dasar lautan. Namun ketika karena keadaan alam mulai berubah, dasar laut ini pun terangkat dan menjadikannya sebuah pegunungan yang indah seperti saat ini.

Situs purbakala ini sejatinya terletak dekat dengan Goa Pawon tempat ditemukannya fosil manusia purba. Lokasi tepatnya adalah di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten, Bandung Barat.

Situs purbakala Stone Garden bisa dicapai menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Beberapa rute yang bisa gunakan adalah dari arah Cimahi atau Kota Bandung. Jika menggunakan mobil jalur yang disarankan adalah melewati Tol Purbaleunyi, keluar tol Padalarang menuju arah Cianjur. Setelah keluar dari jalan tol, arahkan kendaraan menuju kawasan Tagog Apu lalu terus berjalan. Ketika di sebelah kanan jalan melihat gapura berwarna hitam menuju kawasan Gua Pawon. Stone Garden berarti sudah tidak jauh lagi.

Stone Garden

5. Situ Cileunca

Bandung nggak hanya dikenal sebagai kota yang menyenangkan dengan sajian kuliner dan factory outletnya. Kota ini mempunyai banyak destinasi alam yang menyenangkan, yang juga banyak diincar para traveler yang ingin menghabiskan hari liburnya di Bandung. Salah satu wisata alam yang bisa dinikmati di dekat Bandung adalah Situ Cileunca. Destinasi yang berupa danau ini berlokasi di Kecamatan Pengalengan, Sebuah area yang berudara sejuk nan segar.

Situ Cileunca yang berada di Pengalengan sendiri bisa dicapai dengan kendaraan umum jurusan Bandung – Pengalengan dengan waktu tempuh kira – kira sekitar 2-3 jam. Atau bisa juga dengan menggunakan kendaraan sendiri dan sewaan dari kota Bandung. 

Situ Cileunca


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tempat Wisata Dekat Bandung Ini Menarik Dikunjungi"

Posting Komentar