Jangan Mudah Menyerah Begitu Saja

"I've done a lot of thinking about fear. For me the crucial question is not how to climb without fear-that's impossible- but how to deal with it when it creeps into your nerve endings." (Alex Honnold)

Judul di atas adalah secuil pelajaran dari film Free Solo. Film dokumenter yang diproduksi oleh National Geographic dengan pemanjat tebing Alex Honnold sebagai tokoh utamanya. Saya katakan film ini sangat penting ditonton para pegiat alam terbuka. Baik pecinta panjat tebing maupun pendaki gunung. Banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kisah pemanjatan Tebing El Capitan di Yosemite, yang ia lakukan tanpa pengaman ini.

Harap dicatat, ini pemanjatan gila karena dilakukan tanpa pengaman satu pun. Ia hanya memanjat menggunakan kekuatan kaki tangan dan kemampuan berpikirnya yang brilian. Mampu mengatur setiap keputusan yang diambil di saat melakukan pemanjatan.


Free Solo - Alex Honnold
Awalnya saya mengira ia akan lakukan langsung kemudian direkam pada saat itu juga. Kenyataannya enggak, ia tetap latihan berulangkali sampai benar-benar paham dan menguasai jalur yang akan dilewati. Ia tidak nekad begitu saja tanpa persiapan.
Alex Honnold adalah atlet pemanjat dari The North Face. Pada setiap waktu selepas berlatih, ia akan mencatat hal-hal penting yang ia dapatkan. Misalnya jalur yang berbahaya, teknik yang harus ia kuasai, dan hal lainnya seputar pemanjatan.

Ada satu hal yang menarik kala semua tim dokumentasi bersiap dan ia akan melakukan pemanjatan fenomenal dan bersejarah. Namun, baru beberapa tahap ia memutuskan mengakhiri ambisinya. Ia berhenti! Keputusan yang aneh dan bikin kaget semua kru dokumentasi. Baik kameramen, koordinator film, dan kru lainnya. 

Ia berhenti tanpa alasan. Ia merasa ada yang salah dengan semua yang dilakukannya. Entah itu grogi karena tidak terbiasa memanjat dengan beberapa pasang kamera menyorot aktivitasnya atau ketakutan jatuh yang bisa membuat nyawa melayang. 

Saya salut pada keputusannya untuk berhenti saat itu. Lebih salut lagi pada orang-orang disekitarnya yang tetap mendukung dia sekalipun keputusan tersebut menjadi tidak baik secara komersil. Ia sampaikan pada temannya dan temannya tetap mendukung apapun keputusan dari Alex Honnold.

Buat saya, keberhasilan adalah cerita lain tapi proses dibalik keberhasilan itu yang utama. Begitu banyak orang melihat hasil akhir tapi sedikit yang mengagumi proses di awal dan di tengah-tengahnya. Padahal, pelajaran utama justru kadang muncul di antara itu semua.
Yah! Alex Honnold mengajarkan hal penting tentang jangan menyerah untuk satu impian yang ingin engkau wujudkan.

Alex Honnold

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Mudah Menyerah Begitu Saja"

Posting Komentar