Untung Ada Artwork

"The art is eternal; their shapes are changing". (Rudolf Steiner)

Di masa pandemi Covid-19 sekarang ini banyak sekali cerita menarik seputar bagaimana orang-orang yang harus berdiam diri di rumah melepaskan tekanan yang ada. Beberapa orang melepaskan dengan bermain musik, berkreasi seni, dan kegiatan lainnya yang bersifat rekreatif. Kegiatan seni ini sangatlah penting dalam membangun keindahan dan ketenangan dalam diri. Saya bersyukur mendapatkan paparan seni di komunitas belajar Arunika Waldorf. Secara berkala, kami melakukan sesi artwork bersama di kelas maupun di luar kelas. Rupa-rupa eksplorasi seni dilakukan dengan berbagai media. 

Artwork kerap kali juga menjadi kegiatan penutup jika sudah melakukan diskusi berat. Materi filosofi pendidikan waldorf yang berat untuk dikunyah, dan dicerna, tak jarang membuat peserta diskusi kepayahan.

Untungnya ada sesi artwork di akhir yang bisa melemaskan otot tegang karena memaksa berpikir. 
Artwork adalah penyeimbang. Artwork menjadi kegiatan rekreasi yang menghangatkan hati. Tak ada yang paling benar dalam sesi ini. Semua memiliki porsi dan kapasitas masing-masing dalam berkarya. 
Kadang diri ini merasa tak pernah puas dengan karya sendiri jika melihat karya orang lain. Demikian juga orang lain selalu tak puas jika melirik karya yang lain.




Ya demikian, manusia tak pernah puas dengan dirinya. Di sinilah pentingnya batas. Cukup sudah! Inilah batas diriku. Tujuan karya bukan pada kesempurnaan tapi proses. Proses yang terjadi dalam diri kita itulah yang utama. Kita tak akan menyadari seberapa baik karya kita, sampai orang lain mengatakan "karya kamu keren!" Artwork menjadi modal utama mendidik anak-anak di sekolah. Guru-guru di sekolah waldorf harus terbiasa dalam membangun keindahan dalam dirinya.

Kebiasaan ini kemudian akan menjadi karakternya sehingga kelak akan menjadikan dirinya sebagai teladan bagi anak didik untuk membangun keindahan mulai dari diri sendiri dan kemudian menyebar keluar, pada teman, pada lingkungan terdekat, sampai kepada lingkungan yang lebih luas lagi.

Untungnya ada artwork kami bisa merasakan kembali menjadi anak-anak yang menyukai segala hal, mengeksplorasi, menertawakan, dan bersyukur masih diberi kesempatan berkarya seni. 

Beberapa sekolah saat ini sedang libur. Segala aktivitas sekolah sementara berhenti untuk memberi jeda pada tubuh dari aktivitas sehari-hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Untung Ada Artwork"

Posting Komentar