Ancaman Terhadap Pohon Endemik

 Baiklah kita lihat sisi yang lainnya, pohon-pohon endemik sekarang mengalami banyak sekali gangguan dari manusia. Misalnya pembukaan hutan untuk pertanian adalah ancaman serius yang bisa memusnahkan pohon asli dari hutan tersebut.
Kehadiran para penggarap yang datang dari luar daerah biasanya seringkali main babat pohon yang ada. Terkecuali untuk warga lokal atau penduduk masyarakat adat setempat. Biasanya mereka sangat mengetahui jenis-jenis pohon yang ada di hutannya. Mereka lebih berhati-hati jika sudah berhubungan dengan alam.
Kita harus bersyukur karena masih ada masyarakat adat yang bisa menjaga secara alami hutan yang ada di pedalaman.
Ancaman kedua adalah perubahan hutan heterogen menjadi hutan homogen. Ini adalah ancaman yang nyata karena di beberapa tempat di hutan di Indonesia sudah banyak tergerus hutan heterogen menjadi hutan homogen.
Letak ancamannya lebih luas karena menyangkut flora dan fauna endemik yang sebelum ada di hutan tersebut. Bergantinya hutan heterogen menjadi hutan homogen ini misalnya pada perkebunan sawit, hutan pinus, hutan jati, dan masih banyak lagi. Bayangkan berapa jenis hewan yang bergantung pada satu jenis pohon. Jika pohon tersebut dihilangkan, maka hilangnya keanekaragaman yang ada di hutan tersebut.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ancaman Terhadap Pohon Endemik "

Posting Komentar