Kekinian Bersama Di Acara CBN Digital Nation

Pagi hari yang dingin di Bandung saya bergegas menuju Paskal 23 untuk mengikuti acara CBN Digital Nation. Antrian panjang mengular sebelum memasuki pusat perbelanjaan membuat saya penasaran. Menuntaskan kepenasaran, saya bertanya kepada salah seorang yang sedang antri, "Sedang antri apa nih, A?" Lalu ia menjawab, "Mau ikutan acara CBN Digital Nation di dalam tapi mall belum dibuka"

Seorang yang saya tanya mengaku gamer bersama teman-temannya hendak mengikuti acara dari mulai pembukaan sampai tutup acara. Tentunya acara inti pertandingan menjadi bagian yang sangat ditunggu. Sebagai gamer, kompetisi secara langsung dengan peserta yang ada biasanya hanya terlihat di layar monitor kemudian berhadapan langsung tentu saja menjadi sangat menarik.

Saya masuk lewat Loby Hejo tapi melipir ke area loading barang bersama satpam. Dengan ijin yang sudah didapatkan, saya langsung menuju lokasi kegiatan. Registrasi dengan menunjukan aplikasi Dens.TV yang sudah login kemudian mendapatkan kertas yang harus dicap di beberapa stand. 4 stand utama adalah CBN, JD.ID, Legion, Dan JBLStore. Ada banya informasi dan permainan di setiap stand yang saya kunjungi.

Sudah meriah sejak pagi, beberapa pengisi stand bersiap menerima kunjungan. Ada beberapa blogger, vlogger, dan youtuber yang berkumpul untuk berkoordinasi. Sebagian sudah mengunjungi setiap stand dan mendapatkan cap. Saya masih setia melakukan observasi dengan membaca-baca semua informasi yang ada di lokasi kegiatan. Mengetik beberapa konten yang akan dilaunching pada saat kegiatan berlangsung dan mengambil beberapa spot yang pas untuk mengambil moment.

Keseruan Para Gamer saat CBN Digital Nation (dok. iden)

Merambah Dunia Digital Bersama CBN

Dunia digital sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Hampir setiap orang memasuki dunia digital setiap hari. Sebutan netizen atau internet citizen untuk warga di dunia internet kemudian di-Indonesiakan menjadi warganet menunjukkan betapa orang-orang sudah terhubung dengan dunia digital, kapanpun dan di manapun.

Kebutuhan akan internet dengan kapasitas yang besar dan kecepatan yang memadai sangat dibutuhkan. Inilah yang mendasari CBN Digital Nation. Dengan luasnya jangkauan dan kecepatan internet yang baik maka keasyikan menjelajahi dunia digital menjadi makin seru. Jika kecepatan tidak memadai, biasanya netizen uring-uringan. Lelet, buppering, dan gangguan jaringan seperti itu seolah menjadi hambatan untuk berselancar di asyiknya gelombang digital.

Dukungan buat pekerja kreatif (dok. iden)

Proses kreatif yang digerakan anak muda menjadi tantangan tersendiri dalam menyediakan fasilitas penghubung antara dunia kreatif dengan luasnya pasar digital. Misalnya, produsen sepatu di daerah-daerah harus mampu membuka pasar lebih luas ke luar daerahnya. Tantangan ini menjadi hal yang diperhatikan oleh CBN.

Pegiat kreatif yang tersebar di berbagai kota menjadi sebuah fenomena menarik di dunia digital. Tak sedikit seniman-seniman kreatif menggunakan media baru sebagai ajang eksplorasi karya seninya. Memadukan antara hal yang nyata dengan dunia digital tentu membutuhkan sebuah kreativitas.
Apakah kreativitas hanya berada dalam bidang blog, vlog, dan online shop? Jika kita jeli, banyak sekali celah-celah kreativitas yang bisa dimanfaatkan netizen kreatif untuk memanfaatkan kemajuan zaman di era informasi ini.

Era teknologi informasi saat ini meninggalkan era industri yang makin lama makin ditinggalkan oleh pekerja manusia. Kehadiran teknologi lewat berbagai bentuk sudah mampu menggeser trend. Pekerja manusia bersiaplah ditinggalkan jika tidak mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi.
Ketika semua sudah digital, maka kehadiran jaringan internet sangat dibutuhkan. Keterkaitan satu sistem dengan sistem lainnya harus kuat untuk kelancaran sistem operasi.

Dalam perkembangan informasi yang sudah pesat, saling memberi manfaat untuk membagikan apapun yang ada di sekitar lewat media tulisan, foto, dan video sangat dibutuhkan. Setiap orang yang mengakses jaringan internet lewat smartphone sudah mampu membagikan secara langsung kejadian-kejadian yang ada di wilayah sekitarnya. Baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan masyarakat luas.

Lewat aplikasi-aplikasi yang terpasang di setiap smartphone, netizen seolah dimanjakan untuk selalu berbagi setiap waktu. Nilai-nilai dan makna yang disebar tergantung netizen yang menggunakannya. Ada yang menggunakan untuk nilai positif tetapi banyak juga yang masih harus belajar nilai-nilai berinteraksi di dunia internet.

Jaringan Yang Luas Menjangkau Semua
Dalam paparan di acara pembukaan siang itu yang menarik buat saya adalah salah satu agenda CBN Digital Nation di Jawa Barat adalah target penambahan 500.000 jaringan internet dengan teknologi fiber optic up to 1Gbps di area perumahan. Khusus di kota Bandung, CBN menghadirkan solusi-solusi digital untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti IP weather dan Google Station WIFI untuk area publik yang bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dan Google.

IP weather misalnya, dengan layanan ini masyarakat bisa melihat prediksi cuaca dan iklim di sekitar wilayah. Masyarakat bisa tahu kondisi cuaca ke depan yang bisa digunakan untuk mengatur misalnya buat proses pengeringan di luar ruangan. Jangan sampai ketika sudah di jemur di luar hanya karena tidak mengetahui cuaca sebelumnya, akhirnya harus susah payah mengambil atau menyelamatkan dari guyuran hujan.

Jaringan yang luas dan terjangkau secara harga oleh masyarakat luas mampu menggerakan proses kreatif yang ada di daerah-daerah sampai ke pelosok-pelosok. Ke pelosok misalnya, jika sudah tersedia jaringan internet dengan kecepatan yang bagus maka petani dari desa bisa memangkas ongkos distribusi barang. Demikian juga misalnya peladang, cukup dari rumahnya, buka pre order sebelum panen kemudian kirim ketika barang sudah tersedia.

Hal yang juga bisa dilakukan misalnya oleh penjual madu. Di beberapa tempat, para penjual madu menempuh jalan yang jauh untuk menjual hasil madunya. Melewati kota-kota kecil kemudian sampai di kota tujuan. Butuh waktu dan tenaga untuk menjual sebotol sampai sepuluh madu. Jika di rumahnya sudah tersedia jaringan internet, cukup buka di rumahnya sebuah toko online, dekati penyedia layanan kurir, maka ia sudah bisa memasarkan lebih banyak daripada cara-cara konvensional.

Dalam perkembangannya, misalnya dengan menyediakan jaringan internet yang  baik di setiap daerah. Di sentra-sentra kerajinan rakyat untuk mengangkat kekhasan daerahnya. misalnya di Garut ada sentra kulit, di Bandung ada banyak sentra kerajinan seperti boneka, rajutan, sepatu, dan lain-lain. Nah di tempat-tempat strategis pusat kerajinan tersebut harus sudah ada jaringan yang baik. Di sana sudah seharusnya dipasang jaringan internet yang lebih besar kapasitasnya dan lebih kencang dalam mengunduh atau mengunggah agar bisa memasarkan hasil kulit lebih luas kepada wilayah luar.
Selama ini netizen Indonesia lebih banyak sebagai konsumen dengan mengambil manfaat dari internet tapi baru sedikit yang memberi. Proses mengunduh dengan mengunggah ini harus seimbang antar keduanya. Jika hanya mengejar unduhan saja, maka warganet hanya menjadi pengguna pasif saja, menikmati produk dari orang lain. Jika kita mengunggah maka proses kreatif terjadi karena kita memberikan manfaat untuk orang lain.

Kota Bandung yang menasbihkan diri sebagai salah satu smartcity di Indonesia tentu membutuhkan jaringan internet dengan kapasitas yang besar dengan laju yang cepat. Untuk itu dukungan pemerintah sangat penting untuk keberlangsungan kampanye Digital Nation yang digagas oleh CBN. Sebagai informasi, Jawa Barat sudah lumayan tercover oleh jaringan CBN fiber.

CBN Digital Nation disampaikan secara langsung di Bandung karena smartcity membutuhkan dukungan jaringan yang baik untuk memudahkan semua aplikasi berjalan sebagaimana mestinya di kota ini. Bayangkan jika jaringannya tidak baik maka semua perencanaan kota yang berbasis internet bisa berantakan semuanya. Dengan dukungan sampai 1GBPS tentu operasi semua aplikasi yang bekerja bisa lancar dalam mengolah data. Bandung memiliki lebih dari 400 aplikasi yang digunakan oleh Pemerintah Kota Bandung untuk berinteraksi dengan warganya. Dukungan CBN dalam membangun infrastruktur fiber optik, hi-speed internet, layanan awan (cloud computing), data center, dan TV interaktif diharapkan akan lebih meningkatan pelayanan smart city di kota Bandung.

Pada sesi tanya jawab bersama Marcelus Ardiwinata, Presiden Direktur CBN, yang menarik adalah ketika ditanyakan tujuan CBN ini adalah untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia lewat dukungan jaringan teknologi informasi. Masyarakat yang mampu mengakses informasi dan menggunakan untuk kehidupan yang lebih baik.

Cosplay (dok. iden)
Acara CBN Digital Nation Yang Meriah dan Asyik
Jalannya acara berjalan dengan baik, semua crew bekerja profesional. Memastikan semua berjalan sesuai rencana. Antrian tetap mengular di beberapa stand. Kemeriahan tumpah ruah pada saat para gamer bermain pertarungan di dunia digital. Tim gamer kompak untuk saling mengalahkan satu sama lain. Para supporter saling memberikan dukungan kepada tim gamer yang didukungnya. Tepuk tangan riuh rendah begitu meriah saat satu tim berhasil mendesak tim lainnya. Di layar yang sangat besar, penonton melihat pertarungan dengan asyik, ditambah dengan dukungan jaringan yang kuat membuat pertarungan terlihat seperti nyata.

Hal ini mengingatkan saya pada presentasi sebelumnya bagaimana kencangnya jaringan dari CBN ini. Kualitas yang ditampilkan mulai dari Full HD sampai 4K sehingga tampilan di layar begitu terang dan nyata. Saat menampilkan video dari youtube, gambar ular seolah-olah muncul ke luar layar. Semua terlihat seperti menjadi 3 Dimensi.

Nah, suasana di luar tidak kalah menarik. Beberapa pengisi berdatangan satu persatu. Para peserta cosplay dengan kostum khas anime sudah berada di lokasi. Semua terlihat sangat menarik. Rata-rata berdandan dengan maksimal. Sebagian pengunjung menggunakan kesempatan langka tersebut untuk berfoto bersama. Tak sedikit blogger, vlogger, youtuber, dan pengunjung mall yang mengabadikannya.

Di stand Legion antrian masih mengular, saya menuju ke JD.ID lalu mengikuti semua arahan dari penjaga stand. Di sana relatif lebih lengang karena tertahan di beberapa stand. Di tempat yang lain terutama stand utama, tim gamer terus bermain mengolah strategi untuk memenangkan permainan. Saya tidak tahu siapa yang akhirnya keluar menjadi pemenang karena begitu rame dan riuh rendahnya suasana di dalam stage utama.

Beberapa blogger dan vlogger sibuk melakukan tugas dan keasyikan lainnya seperti yang biasa dilakukan selama kegiatan. Mengambil banyak data untuk menjadi bahan tulisan yang kemudian akan dibagikan lewat blog dan media vlognya masing-masing. Bersama beberapa orang blogger saya berada di antara mereka untuk mengambil sisi-sisi lain yang menarik di tengah dentuman dan ramenya pengunjung yang kian sore kian sesak di lokasi kegiatan. Pengunjung yang rata-rata bergiat di dunia digital seolah dimanjakan oleh berbagai aksi dan penampilan-penampilan yang didatangkan pagi sampai malam hari itu di Paskal 23.

Aha... Seharian merasakan kekinian di Paskal 23 bersama CBN sangat menarik. Semoga makin banyak dukungan untuk perkembangan teknologi informasi ini!

Tertarik ikutan? Ayo posting ceritamu! 

Lomba blog CBN Digital Nation (dok. iden)

Lihat keasyikan lainnya di sini-->



Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Kekinian Bersama Di Acara CBN Digital Nation"

  1. hmmm... penasaran bagaimana wajah Indonesia di masa depan jika benar-benar sudah serba digital... Bakal lebih sejahterakah ?

    BalasHapus
  2. Wah acaranya meriah dan asyik tuh. Sekarang apa2x udah digital

    BalasHapus
  3. wah keren Full HD sampai 4K, benar2 berasa real

    BalasHapus
  4. Wuaahh..Ada costplay nya.
    Era digital dan teknologi semakin pesat berkembang ya

    BalasHapus
  5. Berarti di Bansung paling bagus itu CBN ya.
    Wah ada lombanya juga. Ikutan ah!

    BalasHapus
  6. wah semoga internet cepat bisa dirasakan sampai pelosok indonesia supaya bisa meningkatkan perekonomian :)

    BalasHapus
  7. waaaah acara cbn yg di Bandung pasti seru yaaaaaak?? temen2 blogger ada yg pake costplay gitu gaaak?

    BalasHapus
  8. Semoga akses internet juga dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di pelosok.

    BalasHapus
  9. Jasa Pasang Kanopi dan Rangka Atap Baja Ringan Murah di Semarang – Harga pemasangan rangka atap baja ringan per meter persegi (m2) mulai 90rb Februari – Maret 2017 kanopi murah semarang besi hollow minimalis juga kami sediakan. atap meliputi galvalum spandek, genteng metal, esbes, onduline, onduline, onduvilla, go green, polycarbonat fiber, startuff, metal roof, multi roof, kaca transparan, genteng mantili/tanah liat dll. Bergaransi 10 tahun dan aplikator kami memiliki sertifikat pemasangan konstruksi spesialis baja ringan dan besi.

    BalasHapus