Seimbangkan Hiburan Tanpa Batas Di Rumah

 Seimbangkan Hiburan Tanpa Batas Di Rumah 

Belajar Dari Pengalaman Berlangganan Netflix


"Calm mind brings inner strength and self-confidence, so that's very important for good health." Dalai Lama.

Hal yang sangat membosankan selama pandemi adalah berdiam diri di rumah. Siapa yang tak bosan dengan kondisi yang serba terbatas. Semua yang dilakukan hanya seputar rumah, halaman depan dan belakang rumah, jalan kaki paling jauh sekitaran lingkungan perumahan.

Menjalani hari dengan ritme yang monoton tentu sangat tidak enak, ritme yang tidak biasa karena keadaan yang memaksa saat itu untuk terus berdiam diri di rumah. Kenyataan ini memang tidak sehat secara mental karena kita kehilangan banyak kesempatan untuk melakukan aktivitas harian secara bebas. Pun ketika pandemi mulai longgar, banyak pembaruan-pembaruan aktivitas dan ritme yang mesti kita sesuaikan agar bisa membangun kembali di kehidupan saat ini seperti sedia kala. Misalnya dengan tetap mematuhi dan menjaga protokol kesehatan dengan baik di manapun berada.

Kehadiran internet stabil selama masa pandemi sangat terasa manfaatnya, internet stabil membuat aktivitas di rumah seperti belajar, mengajar, dan hiburan tanpa batas bisa dinikmati. Guru yang harus mengajar dari rumah terbantu dengan internet stabil, demikian juga anak yang harus melakukan aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Tak ada gangguan yang mengakibatkan transfer mata pelajaran bisa lancar.

Tak sedikit pelajar yang mencari wifi cepat untuk bisa mengakses berbagai informasi yang berhubungan dengan materi pelajaran. Misalnya mengerjakan tugas dari gurunya, membuat artikel, mengerjakan tugas kelompok. Pilihan wifi cepat yang diburu ini misalnya dari IndiHome, sekolah terdekat rumah membiarkan siswa untuk mengaksesnya demi menjaga proses belajar tetap terjadi. Di beberapa daerah, di kantor Telkom Group membuka layanan wifi cepat ini bagi mereka yang membutuhkan di titik-titik tertentu.

Dukungan belajar online ini dirasakan betul manfaatnya ketika sekolah membatasi kegiatan belajar langsung. Dengan arahan yang baik dari guru, proses belajar online akan tetap memberikan banyak makna yang baik buat anak didik di mana pun. Juga dengan proses belajar antar guru di mana pun yang kian terbuka untuk mengikuti pelatihan online dari lembaga-lembaga yang peduli pada kualitas guru di Indonesia.

Hal ini tanpa terasa membuat Internet Menyatukan Indonesia, misalnya lewat program dari berbagai lembaga baik formal maupun nonformal yang diberikan untuk guru maupun siswa. Contohnya seminar, diskusi, dan kegiatan lainnya yang melibatkan berbagai elemen di berbagai bidang yang kompeten untuk membangun sumber daya manusia lewat pendidikan. Baik pemberdayaan guru maupun siswa atau masyarakat pada umumnya.

Tak terasa jarak semakin dekat dengan internet, misalnya jika dahulu peserta pelatihan dari Kalimantan harus menempuh perjalanan jauh ke Jakarta untuk mengikuti seminar, pelatihan, atau lokakarya, kini cukup duduk di depan komputer maka dia bisa bertegur sapa dan berdiskusi dengan peserta dari Sumatera, Papua, Ambon, Jawa, dan tempat-tempat lainnya di wilayah Indonesia.

  Seimbangkan Hiburan Tanpa Batas Di Rumah (Photo by freestocks on Unsplash)

Keseimbangan tetap dibutuhkan, terlalu banyak mengikuti seminar pasti membosankan. Kita tetap butuh hiburan. Bagaimanapun juga keseimbangan itu sangat penting dalam hidup. Hiburan tanpa batas misalnya menonton berbagai genre film dari Netflix via IndiHome. Ragam pilihan yang banyak mulai dari jenis drama, film lepas, kartun, dokumenter, tersedia di aplikasi ini. Jangan takut ketinggalan film-film seru yang akan mengobati kerinduan pada tontonan seru untuk mengisi aktivitas di rumah. 

Banyak hal asyik selama berlangganan netflix, di antaranya adalah pengalaman menikmati film-film seru yang tidak tayang di bioskop. Selain karena bioskop sedang tutup saat pandemi juga ada film yang berkualitas dan hanya tayang di Netflix. 

Misalnya sebut saja film Bird Box yang menceritakan kisah heroik seorang ibu yang diperankan oleh Sandra Bullock dalam menyelamatkan keluarganya. Pun dengan tayangan eksklusif lainnya seperti serial yang berjudul Sweet Tooth. Tentang kisah selepas dunia kiamat dan pandemi berlangsung lama. 

Kisah ini ngeri-ngeri sedap karena kondisinya tidak jauh berbeda dengan keadaan dunia saat pandemi berlangsung. Kisah yang diperankan oleh Nonso Anozie, Christian Convery, Adeel Akhtar ini bercerita tentang mutasi manusia dan hewan yang kemudian menjadi buruan para peneliti dan para penjahat yang ingin memanfaatkan plasma darahnya untuk mengobati mereka yang terjangkit penyakit langka yang menyebabkan pandemi berlangsung lama. 

Berbagai macam hiburan boleh saja kita nikmati, kisah fiksi yang menjadikan imajinasi sebagai dasarnya selalu membangkitkan hal yang menarik untuk terus diikuti. Namun jangan lupakan bahwa tayangan Netflix pun ada film yang menjadikan kisah nyata sebagai bahan ceritanya selain film dokumenter seperti Fantastic Fungi, 14 Peaks, seapiracy, dan lain-lain . 

Dari film di Netflix yang berdasar kisah nyata, saya suka sekali kisah Against The Ice yang menceritakan kisah dua pengelana dari Denmark yang terjebak di Greenland. Ini kisah sangat heroik manusia dalam mengalahkan egonya, menguatkan tekadnya, semangat yang tidak boleh padam saat melakukan perjalanan di alam terbuka. 

Menonton film di dalam rumah sangatlah mengasyikan namun tetap harus diseimbangkan dengan aktivitas di luar ruangan, misalnya dengan berolahraga rutin, agar tetap sehat selama kegiatan di rumah. Terpenting, buat pelajar maupun mahasiswa, belajar tetap penting gunakan kemewahan akses internet yang baik untuk menjadi media belajar yang semestinya. Dengan demikian hiburan tanpa batas menjadi hal asyik di rumah ketika kita bisa mengendalikannya sesuai kebutuhan. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Seimbangkan Hiburan Tanpa Batas Di Rumah "

Posting Komentar