Kemampuan Menyaring Informasi

What we call as technology today is that - 'within the laws of nature everything that could be taken charge of someday we will take charge of.' (Shadguru)

Jika ada salah satu kemampuan yang mesti ditambahkan dalam proses belajar, saya memilih kemampuan itu adalah kemampuan menyaring informasi. Di tingkat dasar, anak-anak seminimal mungkin harus terbebas dari gempuran teknologi. Teknologi akan membuat anak-anak cepat terbangun dari tahapan usianya. Anak tercerabut dari keasyikan masa kecilnya. Lebih banyak diam dibandingkan bergerak untuk bermain sebagaimana anak-anak pada umumnya. Lihat saja sekarang anak-anak, banyak yang malas bergerak. Atau lebih banyak mengomentari daripada melakukan.

Gempuran informasi itu hadir lewat teknologi. Dengan kemudahan yang ditawarkan sebuah benda bernama handphone, gawai, dan teknologi lainnya, informasi deras dijejalkan ke kepala anak-anak. Anak-anak bisa kecapean karena informasi yang bersaing masuk tanpa bisa dikendalikan. Hasilnya biasanya muncul dalam bentuk tantrum, cepat marah, stress, dan tak bisa diatur.

Kurangi bermain hape, ajak nak bermain di alam (Photo by Gabby Orcutt on Unsplash)

Arus informasi bisa disesakan antara informasi yang benar dan informasi yang tak benar. Ada juga informasi yang mendompleng kebenaran sebenarnya mengarah pada hal tak benar. Hoax adalah salah satu contohnya. Tak terkira banyaknya informasi hoax yang dibuat untuk menakut-nakuti pembaca.

Belum lagi virus akal budi atau dikenal dengan meme. Virus akal budi ini semula hanya berupa hiburan tetapi lama-lama secara tak sadar akan membuat bingung antar fakta dan bukan fakta. Antara kebenaran dan bukan kebenaran.

Untuk itu, kemampuan menyaring informasi di era teknologi ini sangat mendesak untuk diketahui banyak orang terutama kepada orangtua dan guru yang selalu berhubungan dengan anak-anak di sekolah. Anak yang mampu menyaring informasi dengan baik akan belajar maksimal di dalam kelasnya. Lebih menikmati saat ia mengikuti kegiatan bersama teman-temannya. Bisa bermain dengan ceria dan selalu segar untuk mencari pengalaman-pengalaman barunya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemampuan Menyaring Informasi"

Posting Komentar