Kenapa Namanya Diana?

Kenapa Namanya Diana?

Saat pertamakali mendengarkan lagu Koes Plus, saya tertarik setengah berpikir sambil kening mengerut hampir mempertemukan dua alis. Kenapa namanya Diana untuk seorang gadis puteri paman petani yang tinggal di gunung tinggi. 

Koes Plus menuliskan "Di gunung tinggi kutemui, gadis manis puteri paman petani. Cantik menarik menawan hati, Diana namanya manja sekali".

Kenapa harus Diana dan bukan Inah, Sulamah, Maemunah, Sarinah, dan nama-nama pedesaan lainnya. Nama-nama pedesaan yang kini mulai hilang terganti oleh nama-nama kota yang semakin sulit dieja. Mau bukti, mari kita cek nama anak-anak jaman sekarang yang panjang-panjang dan butuh berapa kali waktu untuk mengingat jelas nama terangnya. Untuk guru yang mengajar ditingkat dasar, pengalaman mengeja nama ini menjadi pengalaman yang sangat seru.
Kenapa Namanya Diana?
(Khairil Anwar)

Mari tanyakan sama guru-guru di sekolah yang semakin sulit mengeja satu persatu karena kerumitan nama dan pengaruh-pengaruh nama asing yang disematkan kepada nama lokal anak. Kesulitan di awal saja, setelah mengenal nama pendeknya sih mereka biasa lagi seperti sedia kala.

Ah, ada yang mengatakan itu trend yang sedang berlangsung dan lambat laun akan kembali berganti karena trend biasanya memiliki titik jenuh. Mungkin suatu saat orang akan kangen kembali memberi nama seperti Inah, Sulamah, Rokanah, Ruminah, dan lain-lain.

Tapi kenapa Diana? Ingin jelasnya tanyakan saja pada penulis lirik lagu tersebut. 

Related Posts:

0 Response to "Kenapa Namanya Diana?"

Posting Komentar