Kuliah Jangan Mengganggu Bermain

"Kuliah tong ngaganggu ulin"

Kuliah tong ngaganggu ulin yang berarti kuliah jangan sampai mengganggu main adalah sebuah slogan tak resmi Kelompok Pecinta Alam dan Lingkungan Hidup Gandawesi. Disampaikan secara turun temurun dari angkatan pertama sampai terbaru. Saya bersyukur mendapatkan ini langsung dari angkatan pertama yang saya hormati. Saya menaruh respect yang besar pada beliau karena tanpa sadar proses pendidikannya tidak berhenti sejak menuntaskan pendidikan dasar. Kemudian saya berpikir apakah generasi terbaru memahami makna ulin atau main ini dengan kondisi zaman yang berubah. Kita simpan pertanyaan ini saja sampai muncul generasi-generasi baru. Saya yakin mereka bermain dengan caranya sendiri.

Kata kerja kuliah kemudian bisa diganti dengan kata kerja lainnya semisal, bekerja tidak boleh mengganggu main, penelitian jangan sampai mengganggu main, mengajar tidak boleh mengganggu main, tugas-tugas tidak boleh mengganggu main. Semua hal bisa diganti tetapi kata kuncinya perihal tidak boleh mengganggu mainnya itu yang penting.

Yuk main yuk! (iden.web.id)

Bermain adalah tingkat tertinggi sebuah pelajaran. Bermain hingga tidak sadar sebuah pelajaran sedang berlangsung di dalamnya. Kita hanya tidak sadar bahwa setiap permainan mengandung banyak sekali pembelajaran. Kesadaran itu biasanya baru terasa saat permainan sudah selesai dilaksanakan.

Mengingat kembali ke masa-masa yang lalu, permainan tradisional adalah bentuk pelajaran turun-temurun yang disampaikan oleh orangtua kepada anak-anaknya. Setelah usia dewasa barulah akan sadar bahwa permainan waktu kecil tersebut mengandung banyak pelajaran.

Ada puisi yang berjudul "Puisi Permainan" yang begitu indah menggambarkan pentingnya sebuah permainan. Bermain dengan bersungguh-sungguh untuk mendapatkan pelajaran penting.

Bermainlah dalam permainan
Tetapi jangan main-main!
Mainlah dengan sungguh-sungguh
Tetapi permainan jangan dipersungguh
Kesungguhan permainan
Terletak dalam ketidaksungguhannya
Sehingga permainan yang dipersungguh
Tidaklah sungguh lagi

Mainlah dengan eros (cinta)
Tetapi janganlah mau dipermainkan eros
Mainlah dengan agon (perjuangan)
Tetapu janganlah mau dipermainkan agon

Barangsiapa mempermainkan permainan
Akan menjadi permainan-permainan
Bermainlah untuk bahagia
Tetapi janganlah mempermainkan bahagia


Puisi ini sangatlah bagus seiring dengan pentingnya sebuah permainan untuk pembelajaran. Bermain adalah belajar dan belajar adalah bermain. Semuanya menjadi menarik saat kita menganggap semuanya adalah permainan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kuliah Jangan Mengganggu Bermain"

Posting Komentar