Nuansa Keindahan Panorama Alam di Pontianak

Traveling – it leaves you speechless, then turns you into a storyteller.” – Ibn Battuta

Ditemukannya transportasi udara seperti pesawat terbang tentu membawa keuntungan yang sangat signifikan bagi setiap orang. Keuntungan ini pastinya dapat mempermudah orang-orang yang sering melakukan perjalanan jauh, baik untuk keperluan bisnis, ibadah, silaturahmi, maupun wisata. Pesawat terbang merupakan satu-satunya moda transportasi yang efisien dan praktis. Tak hanya lintas pulau tapi juga mampu lintas samudera dengan waktu yang relatif singkat.

Meskipun untuk menggunakan transportasi ini biayanya lebih mahal dibandingkan dengan transportasi lainnya, namun orang-orang takkan begitu mempermasalahkan jika keuntungan yang mereka dapat setimpal saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Bagi Anda yang hendak berlibur ke luar pulau, tentunya menggunakan pesawat terbang menjadi pilihan yang tepat untuk menunjang salah satu kebutuhan transportasi perjalanan Anda.

Seperti yang sudah Anda ketahui, kelebihan liburan dengan pesawat selain cepat sampai di tempat tujuan juga bisa menghemat tenaga Anda. Jadi Anda tak perlu merasa lelah yang berlebihan karena menempuh perjalanan. Apalagi jika destinasi tujuan Anda berada dalam radius yang sulit dijangkau, dan mengharuskan Anda melakukan perjalanan lintas laut dan pulau seperti ke Pontianak, Pulau Kalimantan.

Jika hendak ke Pontianak, Anda bisa memilih salah satu maskapai penerbangan milik Sriwijaya Air Group yaitu Nam Air. Untuk pemesanan, Anda bisa membeli tiket Nam Air online pada salah satu situs traveling kepercayaan AndaRencana liburan Anda menjadi semakin mudah bukan? Kini, Anda tinggal menyusun destinasi wisata yang akan Anda kunjungi di Pontianak. Di bawah ini ada beberapa ulasan mengenai pilihan destinasi wisata alam menarik di Pontianak yang bisa Anda kunjungi. 

1. Danau Sentarum
Danau Sentarum (sumber: matajatim.com)
Kekayaan alam Pontianak memang selalu berpotensi untuk menarik minat wisatawan. Salah satunya keindahan Danau Sentarum. Danau yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu ini pada saat musim penghujan memang rawan banjir akibat meluapnya sungai terpanjang di Indonesia, yaitu Sungai Kapuas. Namun, saat musim kemarau, sekitar danau akan ditumbuhi rerumputan yang memesona bak sebuah padang Sabana. Tak heran jika danau ini sering dijuluki Danau Musiman.

Keanekaragaman ekosistem yang terdapat di Danau Sentarum menambah daya pikat lokasi wisata ini di mata wisatawan. Terdapat tiga bukit indah di danau ini, yaitu Bukit Lanjak, Bukit Tekenang, dan Nanga Kenelang. Namun, bukit yang sering dilirik wisatawan ialah Bukit Tekenang karena memiliki spot pemandangan terbaik yang bisa membuat siapapun terpana.

2. Bukit Penjamur Bengkayang

Bukiit Penjamur (sumber: lostinparadise.web.id)
Jika di Pulau Jawa ada Puncak Mahameru di Gunung Semeru dengan gumpalan awannya, maka di Pontianak ada Bukit Penjamur Bengkayang. Istilah ‘negeri di atas awan’ juga rasanya cocok disematkan pada lokasi wisata yang satu ini. Letaknya berada di Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Lokasi bukit ini terbilang mudah dijangkau karena hanya memiliki ketinggian sekitar 900 mdpl. Jika berjalan kaki, cukup menempuh waktu perjalanan sekitar 1-2 jam.

Daya tarik Bukit Penjamur Bengakayang tak hanya hamparan awannya yang terlihat indah saat matahari naik dari peraduannya (sunrise), tapi juga hamparan bebatuan besar yang juga mendominasi lokasi wisata ini. Tak jarang wisatawan membangun tenda di sekitar lokasi untuk menikmati suasana malam dan menunggu panorama sang fajar di Bukit Penjamur Bengkayang.

3. Taman Bukit Bougenville
Taman Butik Bougenville (sumber: pcmikalbar.blogspot.com)
Taman Bukit Bougenville terletak di kaki Gunung Pasi yang berada di Desa Sijangkung. Lokasi wisata ini dikelilingi oleh hutan homogen yang rimbun. Di taman ini, Anda akan merasakan kesejukan udara sambil menikmati warna-warni keindahan bunga kertas a.k.a bougenville. Sekitar 46 spesies bunga bougenville tumbuh subur dan cantik di kawasan Taman Bukit Bougenville.

Tak hanya keindahan bougenville saja yang bisa Anda nikmati di taman ini, karena juga terdapat bunga lainnya seperti anggrek, aglonema, maupun antorium. Selain itu, pohon buah-buahan seperti durian, alpukat, belimbing dan rambutan juga tumbuh subur di taman ini. Bagi penggemar koleksi tanaman bunga, di sini Anda juga bisa membeli bibit tanaman yang dijual di rumah kaca Taman Bukit Bougenville.
Nah, itulah beberapa tempat menarik di Pontianak yang bisa Anda kunjungi. Jika waktu berlibur Anda ke Pontianak masih panjang, maka Anda bisa mengunjungi tempat menarik lain yang tak kalah indah dengan lokasi wisata di atas. Kekayaan alam Pontianak memungkinkan Anda untuk menyaksikan panorama alam yang lebih menakjubkan seperi pantai, danau, air terjun, maupun pegunungan lain dengan pesona ciri khas keunikannya. So, selamat berlibur!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nuansa Keindahan Panorama Alam di Pontianak"

Posting Komentar