Cuaca Sedang Tidak Bagus

Suatu hari saya mendengar percakapan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Santolo, Garut Selatan antara penjual dan pembeli ikan di sela-sela waktu mereka saling tawar.

"Kenapa hasil tangkapan ikannya gak bagus? Cuaca sedang tidak bagus yah" kata pembeli.

"Ah cuaca mah baik-baik saja, ikannya saja sedang tidak ada" jawab penjual ikan.

Nelayan (https://unsplash.com/@rashevsky)

Percakapan singkat itu menyadarkan tentang cara memandang setiap hal yang terjadi dalam keseharian. Terkadang menyalahkan pihak luar lebih mudah dibandingkan dari pada meraba ke dalam diri sendiri untuk instrospeksi. Kalau kata Gobind Vasdhev, semua hal di luar diri kita itu bernilai netral, diri kita sendirilah yang memberi nilainya.

Ketiadaan ikan bisa dilihat karena kesalahan cuaca atau karena memang ikannya sedang tiada. Lebih mudah menyalahkan maka salahkan cuaca karena ketiadaan ikan. Padahal di laut yang maha luas, ketersediaan ikan sangat berlimpah. Ikan bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya. Bisa jadi ketiadaan ikan saat itu terjadi karena ikannya pergi sementara nelayan menangkap pada tempat yang sama.

Pada hari tertentu setiap bulan ikan memang sulit ditangkap karena pancaran cahaya bulan menganggu konsentrasi nelayan. Pernah lihat film yang tokohnya berjuang di lautan dengan harimau? Film yang berjudul Life Of Pi itu dalan satu scene-nya menceritakan suasana malam hari. Ikan-ikan memancarkan warna-warni yang elok. Punggung ikan bisa terlihat jelas pada malam hari. Nah demikianlah para nelayan juga menentukan jenis ikannya pada malam hari dengan melihat pancaran punggung ikannya.

Kalau hasil tangkapan nelayan berkurang, benar kata penjual ikan, ikannya sedang tidak ada. Jadi tenang saja, nanti akan ada lagi ikannya, akan mudah lagi ditangkap oleh nelayan asal tidak serakah agar ketersediaan di alam terbuka masih melimpah.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cuaca Sedang Tidak Bagus"

  1. Naah bener, aku juga pernah baca kalo ada musim2 di mana ikan juga berpindah tempat. Jadi nelayan juga yg harus pintar2 mencari lokasi barunya 😊. Waah life of Pi film favoritku 👍. Udah agak lupa bbrp scene pendukung nya sih, cuma ingat si harimau dan si anak di perahu 😁. Jadi pengen nonton lagi

    BalasHapus