Ciheras dan Ricky Elson

Ciheras adalah sebuah tempat Lentera Bumi Nusantara (LBN) berada. Ciheras pada awal sebelum LBN ada adalah tempat penambangan pasir besi. Sisa penambangan pasir besi terlihat di sana sini. Lubang-lubang besar menganga begitu saja. Untungnya waktu saya ke sana sudah jauh berbeda. Lubang yang menganga sebagian sudah tampak hijau. Sebagian lagi sudah dijadikan kolam.

LBN di Ciheras menjadi magnet tersendiri. Adalah Ricky Elson seorang anak muda yang dengan idealisme tinggi berhasil membawa sebuah perubahan penting buat Ciheras. Ia menjadikan tempat ini terkenal di Indonesia dan juga dunia. Tempat tujuan mahasiswa-mahasiswi yang kerja praktik dan juga siswa-siswi yang magang.

Ricky Elson berhasil menanamkan nilai-nilai penting buat LBN hingga tumbuh besar menjadi seperti saat ini. Dalam beberapa sesi percakapan ringan saya dengan Ricky Elson, bara semangat yang tumbuh dalam dirinya begitu menggelora ketika membicarakan masalah pendidikan, masalah lingkungan, masalah anak muda. "Pendidikan kita ini harusnya bisa mencetak generasi yang mampu membuat, mampu menciptakan, bukan sekadar memasang tapi tidak tahu esensi yang dipasangnya" ujar Ricky.

Mental anak muda juga tak kalah menarik ia soroti. "Datang ke sini harus berdaya! Harus mendapatkan makna dari apa saja yang kalian dapatkan di sini! Sekalipun kalian tidur, buat tidur kalian bermakna dan ceritakan!" Seloroh setengah bercanda Ricky pada saat membuka sesi evaluasi pada malam hari pukul 20.00 WIB.

Cerita lain seputar Ciheras ada di tayangan berikut ini:


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciheras dan Ricky Elson"

Posting Komentar